Trik Mobil Matik: Kapan Harus Menekan Tombol Tuas Matik

VIVA – Teknologi dikembangkan demi membuat hidup manusia oleh karena itu lebih mudah dan nyaman. Tapi, untuk bisa mendapatkannya secara optimal kita harus memahami cara pengoperasiannya. Contohnya, transmisi otomatis atau matik pada mobil. Sistem canggih itu bisa memindahkan gigi transmisi minus pengemudi perlu menginjak pedal kopling dan memindahkan tuas.

Trik Mobil Matik: Kapan Harus Menekan Tombol Tuas Matik

VIVA   –  Teknologi dikembangkan demi membuat hidup manusia jadi lebih mudah dan damai. Tapi, untuk bisa mendapatkannya dengan optimal kita harus memahami jalan pengoperasiannya.

Contohnya, transmisi otomatis atau matik pada mobil. Sistem canggih ini bisa mentransfer gigi transmisi tanpa pengemudi perlu menginjak pedal kopling dan mengungsikan tuas.

Cukup injak pedal gas, maka gigi transmisi akan berpindah sesuai kecepatan. Komputer akan mengatur, gigi mana dengan sesuai dengan kecepatan saat tersebut.

Pemikir juga sudah membuat tanda di dalam sisi tuas transmisi, yang seharusnya mudah dipahami oleh pengemudi. Misalnya, P berarti Park atau parkir, yang digunakan ketika mobil di dalam kondisi berhenti dan ditinggal oleh pemiliknya.

Membaca Juga:   Tips Mobil Matik: Perlu Gak Pindahkan Pengungkit saat Ingin Mendahului

Lalu ada R yang merupakan singkatan dari Reverse, digunakan untuk mundur. N berarti Neutral, tengah D adalah Drive, yakni meluncur. Urutan perpindahannya adalah P-R-N-D.

Pada kaum mobil, saat memindahkan tuas ke posisi tertentu pengemudi diharuskan menekan tombol yang ada di objek tersebut. Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Mesin, Bambang Supriyadi mengatakan, hal itu gunanya untuk keamanan.

“Untuk memastikan pengemudi melakukan berdiam yang diinginkan, bukan ketidaksengajaan. Misalnya, tersenggol, ” ujarnya kepada VIVA Otomotif, Jumat 18 September 2020.

Bambang menjelaskan, benjol tersebut hanya butuh ditekan era posisi tertentu saja. Yakni, P ke R dan sebaliknya, serta R ke D dan sebaliknya.