Sudah Meluncur di India, Mobil Perdana Kia Bakal Dijual Juga di RI?

VIVA – Kendaraan jenis sport utility vehicle alias SUV kini menjadi alternatif banyak konsumen di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Tak heran, produsen otomotif terus mengembangkan produk yang sesuai dengan kebutuhan para pelanggannya.

Sudah Meluncur di India, Mobil Perdana Kia Bakal Dijual Juga di RI?

VIVA   – Kendaraan jenis sport utility vehicle alias SUV kini menjelma pilihan banyak konsumen di semesta dunia, termasuk Indonesia. Tak heran, produsen otomotif terus mengembangkan keluaran yang sesuai dengan kebutuhan para-para pelanggannya.

Hal ini seperti yang dilakukan oleh Kia Motors, yang untuk pertama kalinya meluncurkan mobil bernama Sonet pada India. Kendaraan baru itu,   akan melengkapi jajaran produk di segmen SUV, terutama di bagian pemula.

Dari tampilannya, Kia Sonet ternyata terinspirasi sejak seekor anak gajah. Mobil tersebut mempertahankan bahas desain produk otomotif asal Korea Selatan itu, dengan memakai grille ‘Tiger Nose’ yang memiliki pola anak tangga salah satu arsitektur kuno di negara asalnya.

Menghunjam ke dalam interior Sonet, bakal terlihat nuansa mewah yang dikombinasikan kesan sporty. Memantapkan perjalanan penggunanya, disematkan kayar berukuran 10, 2 inci lengkap dengan speaker Bose.

Baca juga: Dijual Setimpal Rp686 Juta, Toyota Fortuner Kini Bertabur Fitur Canggih

Lahir sebagai compact SUV, membuat mobil ini tak perlu kapasitas instrumen besar. Pembelinya, bisa memilih daya mesin mulai dari 1. 000cc dengan turbocharger , 1. 200cc, serta 1. 500cc diesel untuk penggemar SUV diesel.

Langsung, adakah rencana Kia untuk serupa resmi meluncurkan mobil Sonet di Indonesia? Marketing and Development Head PT. Kreta Indo Artha, Ario Soerjo mengatakan, pihaknya terus mendalami kemungkinan untuk menjual SUV compact terbaru itu di Indonesia.

“Kami sedang mempelajari semua prospek mengenai Sonet, mulai dari harganya, lalu potensi dan kebutuhan pasarnya juga kami lihat, ” ujarnya kepada VIVA Otomotif, Minggu 9 Agustus 2020.

Terpaut Kia Sonet yang sempat tersua diuji jalan di Indonesia, Ario tak menampik hal tersebut. Meski demikian, dia enggan memberi catatan lebih detail soal pengujian serta alasan pabrikan otomotif Korea Selatan itu memilih jalanan di Indonesia sebagai lokasi pengujian.

“Soal uji jalan memang dilakukan. Tapi maaf, saya enggak diposisi bisa memberi komentar lebih tinggi, ” tuturnya.

Diketahui Kia Sonet akan segera menghunjam daftar kendaraan yang dipajang pada India, dalam waktu dekat. Terpaut harga, mobil ini disebut-sebut mau dilabeli harga mulai dari 700 ribu Rupee atau setara Rp137 juta.