Rest Area di Tol Cipali Memiliki Fasilitas ala Hotel, Sudah Cakap?

VIVA – Seperti ruas tol jauh lainnya, pengemudi mampu menemukan 8 lokasi beristirahat atau rest area selama melintasi tol Cipali. Fasilitas itu disiapkan, biar pengemudi maupun penumpang bisa beradu sejenak sebelum mencapai lokasi tujuan.

Rest Area di Tol Cipali Memiliki Fasilitas ala Hotel, Sudah Cakap?

VIVA   – Seperti buku tol jauh lainnya, pengemudi bisa menemukan 8 lokasi beristirahat atau rest area selama melintasi tol Cipali. Fasilitas itu disiapkan, biar pengemudi maupun penumpang bisa beristirahat sejenak sebelum mencapai lokasi haluan.

Seperti diketahui, pengemudi disarankan untuk memacu kendaraannya tidak lebih dari 3 jam kala melakukan perjalanan jarak jauh. Cara ini dilakukan, agar badan mampu beristirahat sejenak, dan nantinya pasti fit serta tak berkurang konsentrasinya.

Agar pengemudi & penumpang mobil bisa beristirahat sejenak, rest area biasanya disiapkan parkir luas, tempat penjual makanan, minimarket, toilet, hingga masjid untuk beribadah. Namun, di ruas KM 86a tol Cipali, ada satu kemudahan yang biasanya ada di daerah hotel.

Fasilitas yang dimaksud adalah Ruang sekaligus juga bisa dijadikan wadah mandi, bahkan lengkap dengan shower yang mengucurkan air panas buat penggunanya. Lokasinya, berada di zona parkir untuk kendaraan jenis bus dan truk.

“Fasilitas di rest area ini lengah satunya ruang mandi air panas. Kami siapkan untuk pengemudi truk, tetapi saat ada sopir mobil kecil mau pakai, tidak dilarang, ” ujar Justinus Wisnu Dewanto, Consession Monitoring, Compliance & EHS Astra Tol Cipali, beberapa masa lalu.

Photo:

  • Viva. co. id/ Pius Mali

Wisnu mengatakan, wahana kamar mandi dengan pancuran cairan panas tersebut, disediakan berdasarkan dari hasil riset dan masukan daripada para pengguna rest area, pertama pengemudi truk maupun bus AKAP yang harus berkendara dalam senggang jauh.

Kamar makbul air panas itu, kata dia, dibangun sejak pertengahan tahun lalu dan kini banyak dipakai oleh pengemudi. Untuk memanfaatkan fasilitas tersebut, pengunjung sama sekali tak dipakai biaya alias gratis.

“Harapannya setelah beristirahat sejenak, lalu mandi dengan air panas itu, sopir bisa cukup bugar. Masa mereka berkendara dalam kondisi bugar, maka bisa mengurangi tingkat risiko terjadinya kecelakaan, ” paparnya.