Memakai Injeksi Bukan Berarti Motor Manasuka Perawatan

VIVA – Ada kira-kira orang yang berpikir, semakin pelik teknologi yang dipasang di roda motor maka perawatannya tidak perlu dilakukan secara rutin. Pandangan itu salah besar, karena teknologi selalu memerlukan perhatian khusus. Misalnya, mesin berkapasitas kecil bisa menghasilkan gaya lebih besar berkat penggunaan bagian yang dirancang khusus.

Memakai Injeksi Bukan Berarti Motor Manasuka Perawatan

VIVA   –  Ada beberapa orang yang berpikir, semakin canggih teknologi yang dipasang di sepeda motor maka perawatannya tidak perlu dikerjakan secara rutin.

Prinsip tersebut salah besar, karena teknologi juga memerlukan perhatian khusus. Misalnya, mesin berkapasitas kecil bisa menghasilkan tenaga lebih besar berkat penerapan komponen yang dirancang khusus.

Namun, agar bisa berlaku dengan maksimal, jantung pacu tersebut membutuhkan bahan bakar dengan karakter yang lebih bagus.

Demikian pula dengan sistem pengabutan injeksi, yang zaman ini sudah diadopsi di hampir semua motor. Mengandalkan sensor dan komputer, sistem ini bisa menganjurkan efisiensi yang lebih baik dibandingkan dengan pengabutan karburator.

Misalnya, saat pagi hari komputer mendapat informasi bahwa suhu mesin masih dingin. Perintah kemudian dikirim ke injektor, agar memasukkan bertambah banyak bensin supaya mesin gampang hidup dan mencapai temperatur hipotetis dalam waktu singkat.

Demikian pula ketika berada pada daerah yang tingkat oksigen pada udaranya rendah. Komputer akan menyusun agar bensin yang mengalir sesuai takarannya, sehingga tercipta konsumsi BBM ideal.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Federaloil, Selasa 22  Desember 2020, agar semua itu bisa berlaku dengan baik, pemilik motor kudu melakukan beberapa hal.

Pertama, pastikan mengisi tangki dengan bensin berkualitas, sesuai spesifikasi mesin. Lalu, servis motor secara berkala di bengkel resmi agar komponen selalu terpantau kondisinya.

Ketiga, gunakan pelumas sesuai kunci petunjuk. Tidak perlu mencoba oli yang lebih encer biar tarikan terasa enteng, karena pabrikan telah membuat aturan sesuai kebutuhan mesin.

Terakhir, pantau kalau ada gejala aki rusak. Sistem injeksi sangat mengandalkan aki, jadi bisa mengalami masalah apabila terjadi gangguan pada catu daya itu.