Cara Aman Berkendara Motor saat New Normal Corona

VIVA – Pandemi Virus Corona atau COVID-19 memaksa bangsa dunia termasuk Indonesia harus melayani kehidupan normal baru atau new normal. Segala aktivitas pun harus disesuaikan dengan memperhatikan protokol kesehatan, salah satunya cara berkendara memakai motor.

Cara Aman Berkendara Motor saat New Normal Corona

VIVA   –  Pandemi Virus Corona atau COVID-19 memaksa bangsa dunia termasuk Indonesia harus mematuhi kehidupan normal baru atau new normal. Segala aktivitas pun harus disesuaikan dengan memperhatikan protokol kesehatan, salah satunya cara berkendara memakai motor.

Dilansir sebab 100KPJ, banyak kebiasaan yang kudu disesuaikan pengendara motor saat new normal. Mulai dari sebelum berkendara, cara berkendara hingga setelah berkendara.

Sebelum berkendara, sepatutnya melakukan pengecekan suhu tubuh untuk memastikan kondisi badan fit & sehat. Jika suhu tubuh membuktikan 37, 3 derajat atau bertambah, sebaiknya tidak beraktivitas di sungguh rumah.

Manager Safety Riding AHM Johannes Lucky menjelaskan, kondisi sepeda motor terutama sepeda motor yang sudah lama tidak digunakan. Pemeriksaan meliputi oli, status dan tekanan ban, sistem pengereman dan kopling serta lampu pasti berfungsi baik.

“Selain mengecek kondisi motor, persiapkan riding gear sesuai standar berkendara seperti helm, sarung tangan dan jaket berkendara, ” ujarnya dikutip Jumat 19 Juni 2020.

Menurut dia, para bikers sebaiknya membawa kedok cadangan untuk antisipasi apabila masker kotor atau basah saat berkendara. Sehingga saat sampai di arah tetap dapat beraktivitas menggunakan kedok dengan sehat dan nyaman.

Kemudian, hindari penggunaan helm secara bergantian serta selalu gunakan visor saat berkendara. Hal itu untuk mencegah jasad asing masuk serta mencegah menyapu mata saat dalam perjalanan.

Bikers yang berkendara menggunakan Buff sebaiknya juga tetap menggunakan masker supaya kemampuan penyaringan partikel berbahaya mampu bekerja lebih baik. Sarung tangan yang digunakan sebaiknya yang menyimpan seluruh bagian tangan.  

“Bila hanya memiliki utama sarung tangan, selalu terapkan basuh tangan sebelum dan sesudah memakai sarung tangan, ” tambahnya.

Setelah semua persiapan tersebut terpenuhi, saat berkendara harus tetap utamakan keselamatan baik untuk muncul sendiri maupun orang lain. Hindari berkendara melintasi wilayah-wilayah yang ialah pusat pandemi atau teridentifikasi sebagai zona merah, dengan mencari rel alternatif lainnya.

“Usahakan saat berkendara, tetap cari aman, menjaga jarak dengan pengendara lainnya, serta hanya berboncengan dengan anak atau kerabat yang tinggal bersama-sama dalam satu rumah, ” ujarnya.

Lebih lanjut dia menegaskan, pengendara motor wajib membersihkan tangan dan mencuci wajah dengan sabun setelah melepas seluruh perlengkapan berkendara setelah sampai tujuan. Morat-marit pada pulang ke rumah, segeralah mandi sebelum bertemu keluarga.

Bila memungkinkan, lakukan penyemprotan disinfektan ke riding gear yang sudah digunakan dan sarungkan motor dengan kain pelindung saat tidak dimanfaatkan agar tidak terpapar udara secara langsung.

“Keselamatan serta kesehatan bikers menjadi kunci utama untuk dapat beraktivitas dengan produktif pada era new   normal ini, ” tegasnya.

Pantau berita terkini di VIVA terkait Virus Corona