81 Tahun Lalu, Pernah Ada Mobil yang Bodinya Dibuat dari Plastik

VIVA – Pada mobil-mobil terbaru, eksteriornya biasa terbuat dari logam, & beberapa bagian lainnya memakai tujuan campuran plastik. Agar lebih mengakui, biasanya bodi kendaraan dilabur cat dengan warna tertentu, sebelum dipajang di diler.

81 Tahun Lalu, Pernah Ada Mobil yang Bodinya Dibuat dari Plastik

VIVA   –  Pada mobil-mobil terbaru, eksteriornya biasa terbuat dari logam, & beberapa bagian lainnya memakai bahan asosiasi plastik. Agar lebih menarik, lazimnya bodi kendaraan dilabur cat secara warna tertentu, sebelum dipajang dalam diler.

Ternyata, tidak semua bodi mobil dibuat dengan menggunakan logam, ada juga dengan memakai bahan plexiglass (semacam objek plastik transparan). Salah satu misalnya, dibuat oleh pabrikan General Motors (GM)e pada tahun 1939, untuk model Pontiac Deluxe Six.

Meski bukan logam, pelajaran tersebut bisa dibentuk mengikuti desain dan lekukan Pontiac Deluxe Six. Setelah semua kompartemen bodi terpatok, eksterior dibiarkan terlihat transparan dan tak dilapis lagi dengan pewarna.

Gagasan untuk membuat mobil ini tampak saat GM sedang mempersiapkan pameran kelas dunia di New York, Amerika Serikat pada 1939. Zaman itu, industri otomotif sedang booming lantaran banyak masyarakat yang mengambil kendaraan baru.  

Baca juga:   Jangan Ibarat Remeh Fungsi Spion di Roda Motor

Melansir daripada Autoevolution, Selasa 23 Juni 2020, Pontiac berbodi plastik itu menjadi kendaraan transparan pertama di Amerika Serikat. Desain eksteriornya yang istimewa, membuat mobil ini kerap dijuluki sebagai ‘Mobil Hantu’.

Lantaran bodinya dengan transparan, semua komponen mobil tercatat rangka, baut mobil, kabel, datang ban cadangan di bagasi bisa terlihat jelas oleh orang-orang dibanding luar kabin kendaraan tersebut.

Penampilannya yang unik, membina ‘Mobil Hantu’ ini kerap mempercantik diler-diler resmi Pontiac secara berputar, dan sempat terpajang di suatu lembaga di Amerika Serikat sampai tahun 1947.

Periode tak terdengar, pada 2011 morat-marit mobil ini masuk daftar organ yang dilelang oleh RM Sotheby. Saat itu, mobil ditawarkan USD308 ribu atau setara Rp4, 3 miliar. Menariknya, odometer mobil saat dilelang mencapai 138 kilometer.  

Artinya, mobil tersebut tetap berfungsi dan bisa dikemudikan meski dibangun memakai bodi berbahan plastik transparan. Namun, mobil dijual sebagai barang koleksi lantaran tak memiliki identitas (vehicle identification number) seperti kendaraan lainnya.